Dec 13, 2013

Film: Ksatria Sembrani


Jathilan, sebuah tarian yang menggunakan kuda-kudaan sebagai atribut khasnya, merupakan salah satu tarian yang dikenal di Pulau Jawa. Di Desa Sorobayan, yang termasuk wilayah Kabupaten Bantul, Yogyakarta, terdapat sekelompok orang yang melestarikan kebudayaan tersebut. Menariknya, kelompok yang bernama Ksatria Sembrani ini beranggotakan anak-anak. Mereka bukan sekadar dilatih untuk menari bersama, namun juga mengurusi keperluan-keperluan lainnya terkait dengan pementasan seperti keuangan dan pembelian kostum.  Melalui film inilah anak-anak tersebut membagi pengalaman mereka.


© 2013 FFD

 Tidak jauh berbeda dengan tari jathilan pada umumnya, kesurupan merupakan hal yang biasa terjadi dan justru menjadi daya tarik dalam kesenian semacam ini. Belum afdol rasanya apabila jathilan tidak diwarnai oleh kesurupan. Demikian halnya yang terdapat dalam film yang berdurasi duapuluh lima menit ini. Bahkan salah seorang anak yang mengalami kesurupan mengaku bahwa ketika kesurupan dirinya menjadi tidak merasakan takut ataupun sakit. Yang menjadikan Ksatria Sembrani semakin menarik ialah, anak-anak yang mengalami kesurupan itu nantinya akan diobati oleh anak-anak juga. Dalam film tersebut ditampilkan seorang anak bernama Yama yang bisa mengobati kesurupan dengan cara membacakan mantra.


Segala aktivitas mulai dari latihan hingga pementasan menampilkan kepolosan bocah-bocah yang ikut andil dalam melestarikan dan mengembangkan kebudayaan daerah mereka. Penggunaan bahasa daerah ketika menceritakan pengalaman mereka ini membuat keluguan mereka menjadi lebih terpancar dan terasa dekat.
 

 
Copyright © Forum Film Dokumenter 2013 FFD
Design by FBTemplates | BTT