Dec 15, 2013

Peraih Penghargaan Kompetisi Film Dokumenter Indonesia 2013

Film Dokumenter Panjang Terbaik 
Sutradara : Hafiz Rancajale
Catatan Dewan Juri : 
Sebuah film potret yang intim dan puitis dari seorang tokoh, yang menembus batas film dokumenter biografi umumnya. Film ini berhasil pula mengungkap banyak mitologi penting dari sejarah Indonesia. Dengan posisi dialog yang sejajar antara pembuat dengan subyeknya, film biografi ini kemudian menjadi sebuah studi yang cantik tentang dunia sinematografi Indonesia.

Penghargaan Khusus Dewan Juri 
Di Balik Frekuensi 
Sutradara : Ucu Agustin
Catatan Dewan Juri : 
Sebuah film dengan pesan sangat aktual dan kontekstual, sekaligus krusial tentang praksis media massa dan jurnalisme di Indonesia. Film ini adalah peringatan keras tentang praktek politik di balik bisnis media massa, dari mata seorang ibu yang berada dalam pusarannya. Film ini membuka mata dengan keterampilan menggunakan bahasa film yang efektif.
---
Film Dokumenter Pendek Terbaik 
The Flaneurs#3 
Sutradara : Aryo Danusiri
Catatan Dewan Juri : 
Film satu ini memiliki kedalaman yang hampir tak tertandingi film-film peserta lainnya. Dalam satu bidikan kamera, film ini tidak saja merekam suatu perkembangan sosial yang kian genting untuk ditanggapi, tapi juga secara imajinatif menempatkan penonton sebagai pelakon penting di tengah-tengah itu semua. Dalam satu bidikan kamera itu juga, tercermin upaya serta pemikiran yang pembuat film kerahkan sehingga bisa mencapai kedalaman itu.
---
Film Dokumenter Pelajar Terbaik
Kampung Tudung
Sutradara : Yuni Etifah
Catatan Dewan Juri :
Film ini berhasil menyampaikan informasi secara runut dan detail. Selain itu teknis eksekusi disajikan dengan rapi sehingga pesan film tersampaikan dengan jelas. Kemasan film ini mampu membuat objek yang sederhana, menjadi lebih bermakna.

Penghargaan Khusus Dewan Juri 
Ksatria Sembrani 
Sutradara : Hestian Febriani
Catatan Dewan Juri : 
Film ini memiliki kekayaan peristiwa yang hanya bisa diciptakan melalui proses yang tekun dan intens. pembuat film dekat dengan subjeknya sehingga dalam film ini penonton merasa tidak berjarak dengan apa yang disampaikan. Juri menghargai kerja keras pembuat film dalam mewujudkan film ini.
---
Film Dokumenter Pilihan Penonton 
Begini Lho, Ed! 
Sutradara : Lasja F. Susatyo dan Alit Ambara
 
Copyright © Forum Film Dokumenter 2013 FFD
Design by FBTemplates | BTT