Dec 11, 2013

Workshop Accessible Gadget untuk Tunanetra

© 2013 FFD

 

Akses informasi merupakan hak semua orang, tak terkecuali bagi penyandang disabilitas. Teknologi yang berkembang pesat membuat informasi menjadi semakin mudah di dapat. Untuk itulah, Yayasan Kampung Halaman bekerja sama dengan ILO, serta  didukung oleh FFD menyelenggarakan “Workshop Accessible Gadget untuk Tunanetra” pada hari Selasa (10/12). Bertempat di Ruang Seminar LPPM Universitas Sanata Dharma Yogyakarta, sekitar empat puluh lima tunanetra hadir dalam workshop ini. Mereka berasal dari berbagai daerah mulai dari Yogyakarta, Temanggung, hingga Kediri.


Workshop ini mendatangkan pembicara dari Jakarta yang tergabung dalam sebuah komunitas bernama ITCFB atau IT Center For The Blind—sebuah komunitas yang fokus pada pengembangan di bidang IT. Yang menarik, keseluruhan program yang dikembangkan oleh ITCFB dilakukan oleh teman-teman tunanetra itu sendiri. Ada dua tujuan yang ingin dicapai dalam pelaksanaan workshop ini, yaitu mengenalkan dan memaksimalkan penggunaan gadget untuk akses informasi bagi tunanetra, serta mengajak mereka untuk bisa menikmati dan memperoleh informasi melalui film—khususnya film dokumenter.

© 2013 FFD





















Indria, salah satu penyandang tunanetra asal Kediri yang bersekolah di Solo mengaku tertarik pada workshop semacam ini karena bermanfaat. “Buat nambah wawasan, biar nggak gaptek.” ujarnya ketika ditemui di sela waktu istirahat makan siang. Informasi mengenai workshop ini ia peroleh melalui media sosial Facebook. Meski sempat tersesat, laki-laki yang baru pertama kali berkunjung ke Yogyakarta ini akhirnya dapat menemukan lokasi workshop. Ia datang bersama empat temannya menggunakan kereta api kemudian disambung dengan bus Trans Jogja.


 
Copyright © Forum Film Dokumenter 2013 FFD
Design by FBTemplates | BTT