Dec 13, 2013

Wawancara: FFD di Mata Sakti Parantean



Sakti Parantean © 2013 FFD

“Komunitasnya benar-benar memperhatikan film dokumenter di Indonesia,” demikian disampaikan oleh Sakti mengenai FFD ketika ditemui  di depan lobi Taman Budaya Yogyakarta  seusai pemutaran filmnya pada hari kamis (12/12). Lebih jauh, Sakti juga menyampaikan FFD merupakan festival film dokumenter yang paling lama di Indonesia yang konsisten diadakan.  Sementara beberapa festival film dokumenter lain tidak selalu konsisten diadakan, bahkan ada yang sempat mati suri. FFD merupakan  festival film yang independen dan beda dengan festival-festival lainnya.


Meski mengenal dokumenter sejak kuliah, tahun 2005 merupakan tahun pertama dimana Sakti mengenal FFD dan mengikutsertakan salah satu filmnya. Dari situlah Sakti semakin mengenal banyak orang yang memiliki ketertarikan dalam hal yang sama. Perkenalan ini sekaligus memberi peluang bagi Sakti untuk belajar, berdiskusi, dan bekerjasama dalam pembuatan film-film selanjutnya.  Kemudian pada FFD tahun 2007, salah satu filmnya yang berjudul Jakarta Beda memenangkan Juri Mention Award.


Pada kunjungannya di FFD 2013 kali ini, pertama kalinya Sakti memutarkan film dokumenternya yang berjudul Children of Nation, sebuah film tentang politik yang mulai diproduksi pada 2009. Pemilihan FFD sebagai tempat perdana pemutaran film tersebut adalah untuk mengambil momentum yang tepat dimana sebentar lagi akan diadakan pemilihan umum. Di samping itu, FFD bisa dibilang merupakan saksi bagi perjalanan  karir Sakti dalam dunia perfilman, khususnya film dokumenter.

 
Copyright © Forum Film Dokumenter 2013 FFD
Design by FBTemplates | BTT